Pages

Being Parents

Rabu, 29 Juli 2015
Apakah pernah terpikir oleh para calon orangtua, para pasangan muda yang baru saja menikah; apakah mereka pantas menjadi orangtua? Apakah mereka sudah cukup baik untuk menjadi panutan anak-anaknya? Apakah mereka selalu bangun pagi dan memasak sarapan? Apakah mereka akan kompak dalam mendidik anak-anaknya? Sudah dipersiapkan dengan baikkah mental dan kondisi perekonomian mereka?

Di sini saya sering sekali menemukan anak yang menjadi korban keegoisan orangtuanya. Ada yang tidak terawat karena ibunya sibuk memikirkan diri sendiri, ada yang kurus kering karena ayahnya tidak mencari nafkah dan menghidupi keluarga, ada yang begitu keras kepala karena sering terlalu dimanja dan dikabulkan keinginannya, ada yang tidak percaya diri karena sering dicap oleh orangtuanya, ada yang tidak mau berbagi karena tidak pernah diajari, dan lain sebagainya.

Seperti apa sih menjadi orangtua itu? Seperti apa menjadi ibu?

Apakah sangat menyenangkan seperti yang terlihat dalam akun instagram para seleb muda yang baru menikah dan punya anak, macam Dude Herlino dan Alyssa Soebandono? Ataukah penuh semak belukar dan rawan perceraian, seperti beberapa orangtua yang saya temui?

Memikirkan itu semua membuat saya merenungi diri apakah sudah cukup pantas menjadi orangtua, sehingga ada perjanjian-perjanjian tidak tertulis untuk diri saya sendiri.

~ Semoga segala kebaikan selalu menyertai kita semua. Amien.

0 komentar:

Posting Komentar